A
|
Syarat dan Prosedur Pengajuan
|
|
1
|
Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam hal ditemukannya alasan sebagai berikut:
|
|
|
a
|
Adanya penolakan atas permohonan informasi.
|
|
|
|
- Tidak disediakannya informasi yang wajib diumumkan secara berkala.
|
|
|
|
- Tidak ditanggapinya permohonan informasi.
|
|
|
|
- Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta.
|
|
|
|
- Tidak dipenuhinya permohonan informasi.
|
|
|
|
- Pengenaan biaya yang tidak wajar dan/atau.
|
|
|
|
- Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam Pedoman ini.
|
|
2
|
Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi oleh Pemohon atau kuasanya.
|
B
|
Registrasi
|
|
1
|
Petugas informasi wajib memberikan formulir keberatan kepada pemohon untuk diisi dan membantu pengisiannya jika diperlukan.
|
|
2
|
Petugas Informasi langsung memberikan salinan formulir keberatan sebagai tanda terima pengajuan keberatan.
|
|
3
|
Petugas Informasi wajib mencatat pengajuan keberatan dalam register Keberatan dan meneruskannya kepada atasan PPID dengan tembusan kepada PPID dalam waktu selambat-lambatnya 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diajukan.
|
C
|
Tanggapan Atas Keberatan
|
|
1
|
Atasan PPID wajib memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis yang disampaikan kepada Petugas PPID dengan tembusan kepada PPID selambat-lambatnya dalam waktu 20 (dua puluh) hari sejak dicatatnya pengajuan keberatan tersebut dalam register keberatan.
|
|
2
|
Keputusan tertulis sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat:
|
|
|
a
|
Tanggal pembuatan surat tanggapan atas keberatan.
|
|
|
b
|
Nomor surat tanggapan atas keberatan.
|
|
|
c
|
Tanggapan/jawaban tertulis atasan PPID atas keberatan yang diajukan yang berisi salah satu atau beberapa hal sebagai berikut:
|
|
|
|
-
|
Mendukung sikap atau putusan PPID disertai alasan dan pertimbangan yang jelas.
|
|
|
|
-
|
Membatalkan putusan PPID dan/atau memerintahkan PPID untuk memberikan sebagian atau seluruh informasi yang diminta kepada Pemohon dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja.
|
|
|
|
-
|
Memerintahkan PPID untuk menjalankan kewajibannya dalam memberikan pelayanan informasi sesuai dengan Undang-undang dan peraturan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja.
|
|
|
|
-
|
Menetapkan biaya yang wajar yang dapat dikenakan kepada pemohon informasi
|
|
|
|
-
|
Petugas Informasi menyampaikan atau mengirimkan keputusan Atasan PPID kepada Pemohon atau kuasanya selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) hari kerja sejak menerima tanggapan dari Atasan PPID dan ditembuskan ke PPID serta Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung.
|
|
3
|
Pemohon yang mengajukan keberatan yang tidak puas dengan keputusan atasan PPID berhak mengajukan permohonan penyelesaian sengketa Informasi kepada Komisi Informasi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya keputusan atasan PPID.
|